Jumat, 07 Agustus 2009

membuat efek cahaya

Membuat Light Caustics menggunakan Mental Ray di 3D Studio Max

Your webmaster search is: cara menggunakan mental ray dalam 3ds max

Pembahasan Tutorial oleh Stealth Snake

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.oman3d.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Light Caustics adalah bentukan cahaya di permukaan lantai ketika ada sinar/cahaya melewati suatu obyek kaca, misalnya sebuah gelas kaca. Kita akan mencoba membuat efek ini menggunakan Mental Ray Renderer dan material Mental Ray.

final.gif

Light Caustics terlihat di bawah cangkir kaca

Membuat obyek dalam sebuah scene

Buatlah sebuah Plane di tengah-tengah scene dengan langkah Create>Geometry>Plane. Pada menu Modify, aturlah segmen panjang (Length) dan lebar (Width) menjadi 1 dan sesuaikan ukurannya agar terlihat keseluruhan di viewport Perspective.

01.gif02.gif

Buatlah sebuah cangkir (Teapot) di tengah-tengah layar (obyek Plane) kemudian pada Parameter rollout di menu Modify, atur segmen cangkir tersebut menjadi 15 agar terlihat lebih detail dan untuk mendapatkan permukaan yang halus/lembut.

03.gif04.gif

Membuat material

Pertama kita akan membuat material untuk cangkir. Buka kotak dialog Material Editor, kemudian pada satu slot yang masih kosong, ubahlah material menjadi Glass (Physics Phen) dari kotak dialog Material/Map Browser lalu ganti namanya menjadi teapot glass. Kaca adalah salah satu material yang menimbulkan Light Caustics di kondisi nyata. Kemudian aplikasikan material tersebut ke obyek cangkir.

05.gif

Sekarang kita akan membuat material untuk Plane. Pilihlah sebuah slot kosong lalu ganti namanya menjadi ground dan ubahlah warna diffuse-nya menjadi putih. Kemudian aplikasikan pada obyek plane.

06.jpg

Pengaturan lampu

Gunakan sumber cahaya Skylight dari menu Create>Lights>Object Type. Kemudian tambahkan sebuah lampu Omni untuk menghasilkan efek light caustics pada plane.
Catatan: Posisi Skylight tidak berpengaruh pada efek ini. Sedangkan posisi lampu Omni sangat menentukan ‘jatuhnya’ sinar (efek light caustics) pada alas(plane). Letakkan lampu Omni sesuai dengan harapan anda dimana efek light caustics akan muncul.

07.gif

Aktifkan Shadow dari lampu Omni untuk mendapatkan bayangan dari cangkir di lantai (alas) dengan cara klik tombol On pada General Parameters rollout pada menu Modify.

08.gif

Untuk menghindari cahaya yang berlebihan, kita harus menghilangkan (exclude) iluminasi plane dari lampu omni dengan cara klik Exclude pada pilihan Shadow, kemudian pilih Plane01 dari tabel sebelah kiri dan pindahkan ke sebelah kanan, seperti gambar di bawah.

09.gif

Pengaturan Environment dan Render

Bukalah kotak dialog Environment and Effects dengan cara klik Rendering>Environment atau dengan menekan tombol 8 pada keyboard anda. Pada bagian Environment, ubahlah warna Background menjadi putih dengan cara menekan kotak warna di bawah tulisan Color.

10.jpg

Kemudian buka kotak dialog Render Scene dengan cara tekan menu Rendering>Render atau tekan F10 pada keyboard anda. Pada bagian Indirect Illumination, aktifkan Caustics dengan menekan kotak disamping tulisan Enable pada Caustics and Global Illumniation (GI) rollout.

11.gif

Jika kita render sekarang maka akan keluar peringatan sebab belum ada obyek dalam scene yang menghasilkan caustic. Kita harus mengatur secara manual untuk mendapatkan caustic dari cangkir seperti yang kita harapkan.

12.gif

Pengaturan obyek cangkir (Teapot)

Klik kanan pada obyek cangkir dalam scene kita kemudian buka Properties. Pada bagian Mental Ray aktifkan Generate Caustics dan non aktifkan Receive Caustics seperti gambar di bawah.

13.gif

Mengatur Mental Ray Engine

Pada kotak dialog Render Scene (tekan F10), aktifkan Final Gather dan Global Illumination (GI) untuk menyertakan perhitungan sinar yang mengenai obyek cangkir dan plane pada proses kalkulasi render.

14.gif

Tekan tombol Render dan anda akan melihat hasil caustics yang diharapkan!

final.gif

Tutorial courtesy of http://www.oman3d.com/

You can also alternatively visit the Oman3D Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar